Perjalanan Ke Korea Selatan : Day 6

Wah, tak terasa cerita pengalaman saya ke Korea Selatan sudah sampai hari ke-6. Itu artinya, sudah setengah jalan karena total hari saya berada di sana adalah 10 hari. Berikut adalah aktivitas saya selama hari ke 6 ini.


Daum-Kakao-Blog-Indonesia-JSC-Visit-01

Acara pertama di hari keenam ini adalah pertemuan dengan Board of Director Perusahaan DaumKakao. Disini dijelaskan mengenai banyak hal, utamanya mengapa perusahaan Daum melakukan merger dengan Kakao. Daum merupakan perusahaan portal website terbesar kedua di Korea. Sedangkan Kakao merupakan perusahaan pengembang berbagai software, seperti KakaoTalk. Daum dan Kakao melakukan merger karena ingin mengekspansi pasar menjadi lebih global. Selain itu, dari pertemuan ini juga terdapat informasi baru seperti banyak aplikasi selain KakaoTalk yang dikembangkan DaumKakao, diantaranya SolCalendar dan SolMail. Selain itu, perusahaan ini mempunyai juga mempunyai visi yang sangat baik ke depannya yaitu menghadirkan produk-produk yang mampu membantu semua aktivitas penggunanya. Contohnya, DaumKakao bermimpi untuk menciptakan aplikasi yang bisa mendeteksi tempat parkir yang tersedia di sebuah bangunan. Hal unik yang ada di perusahaan DaumKakao adalah tidak adanya posisi spesifik jabatan setiap orang dalam perusahaan. Tujuan utamanya adalah agar mebuat setiap orang merasa dihargai dengan mempunyai kedudukan yang sama di perusahaan, memperlancar komunikasi antar pegawai, dan akhirnya meningkatkan performa perusahaan. Hal ini perlu dicontoh oleh perusahan-perusahaan di Indonesia. Selain itu, langkah Daum dan Kakao yang melakukan merger untuk memperluas pasar global juga patut ditiru oleh perusahaan Indonesia yang ingin Go International.

daumkakao

Acara kedua adalah kunjungan ke Korea Association Against Drug Abuse (KAADA). KAADA adalah organisasi not profit yang bergerak untuk pencegahan penyalahgunaan obat-obat terlarang. Di Korea, dua jenis obat-obat terlarang yang paling sering digunakan adalah methamphetamine dan cannabis (ganja). Banyak tantangan yang dihadapi organisasi ini yaitu semakin banyaknya generasi muda yang menggunakan obat terlarang dan adanya fenomena new legal high, yaitu munculnya obat-obat baru yang sebenarnya terlarang namun secara hukum belum disahkan sebagai obat terlarang. Berbagai langkah yang dilakukan KAADA antara lain memberikan edukasi di sekolah kepada pelajar mengenai bahaya dan pencegahan obat-obat terlarang, dan mengadakan berbagai kegiatan kreatif seperti lomba poster untuk mengkampanyekan dan menyebarluaskan bahaya obat terlarang. Hal ini perlu dicontoh BNN karena generasi muda yang sangat rawan terkena bahaya obat terlarang sebenarnya sangat perlu diedukasi melalui berbagai kegiatan kreatif. Besok lanjut lagi ya cerita hari ke-7.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: