Freelance dan Parttime di Leapforce (Indonesia)

Jaman sekarang, mencari pendapatan dapat diperoleh dimana saja. Perkembangan teknologi dan internet memudahkan kita untuk melakukan kegiatan bisnis, usaha, dan lainnya, termasuk untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bekerja parttime secara online. Bahkan tanpa perlu meninggalkan kamar tidur, kita tetap dapat mendapatkan penghasilan. Salah satu parttime yang menurut saya sangat menarik adalah di Leapforce.

green

Leapforce adalah perusahaan asal Amerika yang khusus menangani proses evaluasi berbagai macam produk online, mulai dari hasil pencarian situs pencari, iklan sosial media, dan lainnya. Leapforce memungkinkan kita untuk dapat bekerja dari rumah, hanya menggunakan komputer dan internet. Klien yang dimiliki Leapforce adalah perusahaan teknologi kelas dunia seperti Google, Facebook, dan Microsoft. Bayaran yang diperoleh pun cukup memuaskan, untuk yang bekerja sebagai Search Engine Evaluator dari Indonesia rate-nya adalah $6/jam. Mengapa Leapforce berani membayar mahal untuk kerjaan yang terkesan sepele ini ? Hal ini disebabkan karena kerjaan yang terkesan sepele ini ternyata begitu penting bagi perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook.

Sumber penghasilan utama Google dan Facebook adalah dari advertising. Semakin banyak jumlah user yang menggunakan Google dan Facebook, maka revenue yang mereka peroleh akan semakin besar, karena iklan yang ditampilkan akan semakin banyak. Dan untuk mempertahankan serta meningkatkan jumlah user tersebut, Google dan Facebook harus mampu memberikan pelayanan terbaik agar user puas. Coba bayangkan, ketika anda mengetik di Google ‘spesifikasi asus zenfone 2’ namun hasil yang muncul justru mengarah ke website yang memberikan review mengenai spesifikasi HP asus zenfone 5, pasti anda akan kecewa dengan Google dan kemungkinan besar selanjutnya anda tidak akan menggunakannya lagi.

Sebagai info, jumlah pengguna aktif Facebook mencapai 1.9 milyar orang, artinya 2 dari 7 orang di muka bumi ini menggunakan Facebook. Jumlah pengguna produk Google seperti Search, Gmail, Youtube juga lebih dari 1 milyar orang. Tentu perusahaan teknologi ini harus terus menerus mengupdate kemampuan pelayanannya agar sebagian besar user tersebut tetap menggunakan produk mereka.

Nah, kembali lagi ke Leapforce. Selain Leapforce, sebenarnya ada lagi 2 perusahaan serupa, yakni Appen dan LionBridge, namun untuk postingan kali ini saya membahas Leapforce saja, karena saat ini saya aktif disitu.

Proyek dalam Leapforce ada bermacam-macam, Proyek yang paling terkenal adalah Proyek Yukon. Proyek ini sebagian besar berkaitan dengan merating & menilai hasil pencarian produk Google seperti pencarian Google Search, Google Maps, dan Youtube. Berikut saya tampilkan contoh pekerjaan Proyek Yukon Leapforce.

Contoh Leapforce

Pada contoh di atas, saya diharuskan menilai hasil pencarian untuk query ‘hotel grand zuri malioboro’ Pertama yang perlu kita lakukan adalah menginterpretasi maksud dari user mengetik query tersebut. Langkah berikutnya adalah merating setiap hasil pencarian yang muncul sesuaikah dengan maksud dari user tersebut. Misalnya, saya menginterpretasikan bahwa tujuan user mengetik query di atas adalah untuk mengunjungi hotel grand zuhri malioboro secara langsung, karena lokasi user ada di Yogyakarta, dan user secara spesifik mengetik nama dan lokasi hotel. Maka hasil pencarian L1 sangat memuaskan, bisa kita nilai ‘Highly Meet’ (skala 4 dari 1-5) sedangkan R1 cukup memuaskan, tapi tidak sebaik L1, maka kita nilai Moderately Meet+. Bagaimana, mudah kan ? Eits, tidak semudah itu. Masih ada beberapa variasi tugas dalam proyek Yukon ini, saya hanya menampilkan yang sederhana saja, agar para pembaca dapat tertarik untuk mengikuti parttime leapforce ini. Bagi yang tertarik, silahkan langsung daftar di https://www.leapforceathome.com/qrp/public/home bagian Become an Agent, pilih negara Indonesia, lalu ikuti tahap-tahap yang ada, sampai akhirnya anda ikut seleksi tes teori dan praktek, jika lolos maka selamat, anda akan dikontrak selama 6 bulan sebagai Search Engine Evaluator dan mulai bisa mendapatkan pengalaman serta penghasilan tambahan. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung bertanya kepada saya lewat blog ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: