Freelance dan Parttime di Leapforce (Indonesia)

Jaman sekarang, mencari pendapatan dapat diperoleh dimana saja. Perkembangan teknologi dan internet memudahkan kita untuk melakukan kegiatan bisnis, usaha, dan lainnya, termasuk untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bekerja parttime secara online. Bahkan tanpa perlu meninggalkan kamar tidur, kita tetap dapat mendapatkan penghasilan. Salah satu parttime yang menurut saya sangat menarik adalah di Leapforce.

https://www.leapforceathome.com/qrp/public/home

Leapforce adalah perusahaan asal Amerika yang khusus menangani proses evaluasi berbagai macam produk online, mulai dari hasil pencarian situs pencari, iklan sosial media, dan lainnya. Leapforce memungkinkan kita untuk dapat bekerja dari rumah, hanya menggunakan komputer dan internet. Klien yang dimiliki Leapforce adalah perusahaan teknologi kelas dunia seperti Google, Facebook, dan Microsoft. Bayaran yang diperoleh pun cukup memuaskan, untuk yang bekerja sebagai Search Engine Evaluator dari Indonesia rate-nya adalah $6/jam. Mengapa Leapforce berani membayar mahal untuk kerjaan yang terkesan sepele ini ? Hal ini disebabkan karena kerjaan yang terkesan sepele ini ternyata begitu penting bagi perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook.

facebook google

Sumber penghasilan utama Google dan Facebook adalah dari advertising. Semakin banyak jumlah user yang menggunakan Google dan Facebook, maka revenue yang mereka peroleh akan semakin besar, karena iklan yang ditampilkan akan semakin banyak. Dan untuk mempertahankan serta meningkatkan jumlah user tersebut, Google dan Facebook harus mampu memberikan pelayanan terbaik agar user puas. Coba bayangkan, ketika anda mengetik di Google ‘spesifikasi asus zenfone 2’ namun hasil yang muncul justru mengarah ke website yang memberikan review mengenai spesifikasi HP asus zenfone 5, pasti anda akan kecewa dengan Google dan kemungkinan besar selanjutnya anda tidak akan menggunakannya lagi.

Sebagai info, jumlah pengguna aktif Facebook hingga Januari 2018 mencapai 2.1 milyar orang, artinya 2 dari 7 orang di muka bumi ini menggunakan Facebook. Jumlah pengguna produk Google seperti Search, Gmail, Youtube juga lebih dari 1 milyar orang. Tentu perusahaan teknologi ini harus terus menerus mengupdate kemampuan pelayanannya agar sebagian besar user tersebut tetap menggunakan produk mereka.

Nah, kembali lagi ke Leapforce. Selain Leapforce, sebenarnya ada lagi 2 perusahaan serupa, yakni Appen dan LionBridge, namun untuk postingan kali ini saya membahas Leapforce saja, karena saat ini saya aktif disitu. Juga, di akhir 2017 kemarin Leapforce sudah resmi diakuisisi Appen, so it’s interesting to see.

Proyek dalam Leapforce ada bermacam-macam, Proyek yang paling terkenal adalah Proyek Yukon. Proyek ini sebagian besar berkaitan dengan merating & menilai hasil pencarian produk Google seperti pencarian Google Search, Google Maps, dan Youtube. Berikut saya tampilkan contoh pekerjaan Proyek Yukon Leapforce.

Contoh Leapforce

Pada contoh di atas, saya diharuskan menilai hasil pencarian untuk query ‘hotel grand zuri malioboro’ Pertama yang perlu kita lakukan adalah menginterpretasi maksud dari user mengetik query tersebut. Langkah berikutnya adalah merating setiap hasil pencarian yang muncul sesuaikah dengan maksud dari user tersebut. Misalnya, saya menginterpretasikan bahwa tujuan user mengetik query di atas adalah untuk mengunjungi hotel grand zuhri malioboro secara langsung, karena lokasi user ada di Yogyakarta, dan user secara spesifik mengetik nama dan lokasi hotel. Maka hasil pencarian L1 sangat memuaskan, bisa kita nilai ‘Highly Meet’ (skala 4 dari 1-5) sedangkan R1 cukup memuaskan, tapi tidak sebaik L1, maka kita nilai Moderately Meet+. Bagaimana, mudah kan ? Eits, tidak semudah itu. Masih ada beberapa variasi tugas dalam proyek Yukon ini, saya hanya menampilkan yang sederhana saja, agar para pembaca dapat tertarik untuk mengikuti parttime leapforce ini.

Saya sudah terdaftar semenjak Juli 2017 dan sudah 18 bulan bekerja sebagai Search Engine Evaluator. Bagi yang tertarik, silahkan langsung daftar di https://www.leapforceathome.com/qrp/public/home bagian Become an Agent, pilih negara Indonesia, lalu ikuti tahap-tahap yang ada, sampai akhirnya anda ikut seleksi tes teori dan praktek, jika lolos maka selamat, anda akan dikontrak selama 6 bulan sebagai Search Engine Evaluator dan mulai bisa mendapatkan pengalaman serta penghasilan tambahan. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung bertanya kepada saya lewat website ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Note : Saya menjalankan sebuah startup yang bernama belijelantah, platform teknologi yang menghubungkan pemilik minyak jelantah seperti restoran atau rumah makan dengan perusahaan biodiesel yang akan mengolah minyak jelantah anda menjadi bahan bakar terbarukan biodiesel. Jika anda memiliki minyak jelantah di sekitar jakarta, silahkan hubungi kami, anda dapat berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan perairan, gerakan peduli kesehatan, dan mendapatkan penghasilan tambahan $$$$$. Kunjungi website kami www.belijelantah.com

Advertisements

25 thoughts on “Freelance dan Parttime di Leapforce (Indonesia)

Add yours

  1. Selamat pagi.
    Salam kenal.
    Pak, mau tanya:
    Sekarang rate per jamnya
    untuk bekerja sebagai search engine evaluator di Leapforce, berapa?. Terima kasih.

    Like

  2. Selamat malam kak, saya sangat suka dengan tulisan kakak, menginspirasi.
    saya mau tanya kak, saya sudah pernah ikut tes leapforce, tapi gagal. apakah saya bisa untuk mencoba lagi ?
    Terima kasih sebelumnya kak.

    Like

  3. Siang kak, Gimana cara setup buat payment nya ya? Katanya sih bisa di welcome emailnya tapi belum ada juga. Saya udah mulai berkerja padahal

    Like

      1. Mas, saya mau tanya.
        Kan saya mulai kerja truckee leapforce bulan januari 2018.
        Dan saya sdh dikirim dari global payee western union mengenai pembayaran pada tanggal 28 Feb, tp sampai sekarang kok blm ada uang masuk ya di rekening saya?
        Apa memang dari western union blm kirim?
        Trims.

        Like

  4. Halo kak, saya mau tanya.
    Saya dapet email dr leapforce awal februari katanya saya keterima di project truckee. trus dapet email lg katanya akun saya udah diaktivasi. lalu beberapa hari kemudian dapet email lg untuk setup payment method. Saya sudah ikuti instruksi sesuai yg diemail, tapi sampai sekarang belum ada email lg mengenai gimana kelanjutannya dr project ini. Apa memang biasanya selama ini ya prosesnya? hampir dua bulan tidak ada follow up lg dari leapforcenya.

    Terima kasih sebelumnya.

    Like

  5. Halo, mau tanya kalau pas bagian cv itu ada contohnya gak ya? Kemudian kalau mau apply harus fasih b.inggris dulu ya? Terima kasih sebelumnya..

    Like

    1. halo, buat cv sederhana saja, 1 halaman, menjelaskan summary tentang dirimu 1 paragraf, lalu background kamu beberapa baris, dan experience terkait bidang teknologi. fasih ga perlu sih, yang penting paham kata kata bahasa inggris, karena kerjaannya lebih ke arah writing, jadi ga usah fasih bahasa inggris aktif

      Like

  6. hallo kak aku mau nanya untuk menentuan kita residential status itu bagaimana ya? aku mau balas email dari leapforce tapi aku ga ngerti resident atau non resident nya. terima kasih kak sebelumnya

    Like

  7. Halo, saya boleh tanya? Saya sedang mencoba untuk mengapply di proyek Truckee, dan di atasnya ada satu proyek lagi yaitu proyek Yukon. Apakah saya bisa mengikuti dua-duanya?

    Lalu teman saya juga mencoba untuk apply di Leapforce, namun di akunnya hanya tersedia Truckee, sementara dia sudah mengikuti proyek Falcon di Appen (dua-duanya rating ads Instagram, dan sudah dikonfirmasi tidak bisa mengikuti proyek yang sama). Dia penasaran kenapa di tempat dia tidak ada proyek Yukon sementara di tempat saya ada Yukon dan Truckee.

    Boleh minta pencerahannya?
    Tks

    Like

    1. Hi Qunny,
      ya kamu bisa ikut dua-duanya, Yukon dan Truckee.

      Terkait project yang ditawarkan di setiap individu berbeda-beda, jadi jangan kaget kalau kamu ada 2 project available sedangkan teman kamu cuma 1 project yang available. Alasannya Leapforce melihat dari profil individu tersebut, ketersediaan project, dan parameter lainnya.

      Like

      1. Baik, lalu saya mau bertanya lagi nih, mas.

        Kira-kira berapa lama ya bank enrollment saya diapprove? Sudah lewat beberapa hari masih belum diapprove, dan malah dikirimi soal ACH Routing Account checking account dari USA sana.

        Like

    1. gak kok, SMA juga bisa, tapi saat kirim CV tulis yang menarik supaya mereka melihat kelebihan kamu, misal di bagian experience kamu sudah pernah kegiatan terkait technology misal jadi social media manager, ecommerce, dll

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: