Teknologi Self-Driving Car

Teknologi apa yang saat ini sedang dikembangkan perusahaan-perusahaan terbesar dunia ? Jawabannya adalah teknologi self-driving car, atau mobil tanpa pengemudi. Perusahaan terbesar dunia mulai dari perusahaan otomotif, teknologi, software, semikonduktor sedang berusaha menjadi yang terdepan dalam hal tersebut. Contoh perusahaan tersebut diantaranya Google (Waymo), Apple, Tesla, GM, Ford, Uber, Volkswagen, Toyota, Honda, Daimler Nvidia, dan Samsung. Juga tak lupa startup potensial seperti Aurora Innovation, Drive.ai, dan Zoox.

Bagaimana bisa mobil tanpa pengemudi berjalan ? Mobil dijalankan melalui sistem software yang dirancang khusus sehingga mampu bertindak seperti pengemudi untuk menggerakan setir, rem, gas, dan lainnya. Juga ada komponen tambahan yang cukup penting seperti kamera dan Lidar, sinar laser yang berfungsi men-scan lingkungan sekitar mobil sebagai input data. Teknologi ini berkembang pesat semenjak perkembangan Deep Learning, salah satu cabang dari Artificial Intelligence yang mampu mengolah data input, mengembangkan data tersebut, dan menghasilkan keputusan yang punya akurasi yang sangat tinggi.

Berikut adalah profil orang-orang keren dari perusahaan tersebut yang menjadi pioneer pengembangan teknologi self-driving car tersebut.

1.Sebastian Thrun

sebastian thrun 3

Sebastian Thrun awalnya merupakan associate professor di Stanford University, lalu pada tahun 2005 ia memimpin tim Stanford menjuarai kompetisi prestisius DARPA Challenge yang disponsori oleh Departemen of Defense USA. Setelah ia menjuarai DARPA Challenge, ia direkrut oleh founder Google Larry Page untuk mengembangkan teknologi street-view di Google. Lalu berikutnya ia dipercayai menjadi founder dan pemimpin di X, sebuah divisi di Google yang berisi project-project moonshot, penelitian dan pengembangan yang terkesan gila dan tak masuk diakal namun tetap punya potensi keberhasilan, seperti lensa mata untuk mengukur kadar diabetes, mobil tanpa pengemudi, dan lainnya.

Saat ini Sebastian Thrun fokus membangun startup pendidikan MOOC bernama Udacity yang ia bangun semenjak tahun 2012. Program-program pembelajaran Udacity cukup beragam di bidang teknologi dan marketing, juga didalamnya terdapat program tentang Artificial Intelligence, Deep Learning, dan Self Driving Car

 

2.Chris Urmson

chris urmson

Beliau awalnya adalah associate professor di Carnegie Mellon University (CMU), universitas top di bidang robotik. Di tahun 2007 ia bersama tim di CMU menjuarai Darpa Challenge terkait teknologi self-driving car. Lalu ia ditawari oleh Sebastian Thrun untuk join di program street-view Google, hingga menjadi salah satu direktur bagian software di X. Saat ini Urmson membuat startup sendiri bernama Aurora Innovation bersama mantan eksekutif Tesla dan Uber. Menarik melihat sepak terjang Urmson di Aurora, yang sedang melakukan kerjasama dengan Honda dan Volkswagen dalam pengembangkan teknologi self-driving car ini.

 

3.Kyle Vogt

kyle vogt 2

Vogt merupakan mantan mahasiswa MIT yang membangun dua startup sukses berturut-turut, yang pertama adalah Twitch yang diakuisisi oleh Amazon senilai $970 million, yang kedua adalah Cruise yang diakuisisi GM senilai $1 billion. Sekarang Kyle Vogt menjadi salah satu eksekutif termuda di GM. Cruise tetap menjadi sebuah perusahaan independen di bawah GM, agar iklim startup yang dibangun tidaklah berubah banyak, karena korporat besar seperti GM mempunyai tendensi birokrasi yang cukup panjang. Saat ini ada sekitar 104 mobil Cruise, Chevy Bolt, yang berlalu lalang di California melakukan percobaan self-driving car.

 

4.Anthony Levandowski

anthony levandowski

Merupakan alumni UC Berkeley yang awalnya bekerja di Google, membantu Sebastian Thrun mengembangkan Google Street View dan X.

Lalu dengan kontroversial ia membuat startup self-driving semi truck bernama Otto yang diakuisisi Uber senilai $680 million.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: