5 Perusahaan (Teknologi) Terbesar di Dunia

Saat ini, ada 5 perusahaan teknologi global yang sangat mempengaruhi kehidupan kita. Kelima perusahaan ini semakin hari semakin me reshape kehidupan kita di berbagai macam hal, sadar atau tidak. Tak heran, kelimanya sekarang adalah perusahaan terbesar di dunia dari segi valuasi (harga saham x jumlah pemegang saham). Kelima perusahaan tersebut adalah Apple, Alphabet (Google), Microsoft, Amazon, dan Facebook.

Coba kita lihat aktivitas kita sehari-hari. Smartphone yang kita miliki kalau tidak berbasis Android (milik Google) pasti iOS iPhone (milik Apple). Saat bekerja, tools yang kita gunakan adalah email Outlook milik Microsoft dan juga Office. Kita mencari informasi lewat Google Search. Jika kita ingin melihat kondisi teman kita, kita buka Facebook dan Instagram yang keduanya dimiliki Facebook. Saat di perjalanan ingin ke suatu tempat, kita buka Google Maps untuk melihat arah dan lokasi. Media utama kita berkomunikasi adalah Whatsapp milik Facebook. Kita streaming film Netflix, servernya AWS Amazon. Kita booking tempat liburan lewat Airbnb, servernya pun AWS Amazon. Belanja online ? rajanya adalah Amazon yang menguasai Amerika, Eropa, dan Jepang.

Berikut adalah infografik yang menggambarkan sumber revenue masing-masing perusahaan tersebut.

 

1. Apple

Screen Shot 2017-04-11 at 9.47.18 AM

Apple adalah perusahaan terbesar di dunia dari segi valuasi (jumlah saham x harga saham). Sumber utama pendapatan Apple berasal dari penjualan iPhone, sekitar 63%. Jumlah device Apple yang digunakan pecinta setianya mencapai 1.2 milliar device. Kesuksesan Apple sebagai perusahaan paling bernilai dan paling profitable di dunia merupakan buah dari kejeniusan Steve Jobs, founder Apple. Steve Jobs mempunyai paham untuk menciptakan device-device yang elegan, desain keren, easy to use, dan classy. Akhirnya terciptalah produk iPhone, iPod, Mac, sampai Apple Watch.
2. Alphabet (Google)

Google

Siapa yang tak kenal Google ? Jika anda mencari informasi, anda akan menuju ke Google. Jika anda mencari tempat tertentu, anda ke Google Maps.  Anda berkomunikasi kirim email via gmail, juga milik Google. Sebagian besar smartphone di muka bumi ini berbasis Android, yang juga dimiliki Google. Anda streaming di Youtube ? Youtube juga milik Google.

Google saat ini berada pada payung perusahaan holding bernama Alphabet. Founder Google, Larry Page dan Sergey Brin, memutuskan membuat holding company bernama Alphabet di akhir tahun 2015. Tujuannya adalah memperjelas status perusahaan-perusahaan kecil lain yang dimiliki mereka selain Google, yang mereka sebut other bets seperti Google X, GV, Verily, Waymo, Nest, dan lainnya.

Google masih menjadi sumber pendapatan utama Alphabet, utamanya dari bisnis advertising yang dimiliki. Duopoli yang dimiliki Google dan Facebook dalam bisnis advertising di internet mempunyai dampak positif dan negatif yang patut kita cermati. Yang jelas, dampak hadirnya Google bagi kehidupan kita sangat terasa sekali manfaatnya.
3. Microsoft

Microsoft

Siapa yang tak kenal Windows dan Microsoft ? Bill Gates sebagai founder menciptakan revolusi teknologi PC dan laptop di awal tahun 1980 dengan menciptakan komputer dan sistem operasinya, hingga ia menjadi pria terkaya di dunia selama 23 tahun, sampai hari ini dengan kekayaan $90 billion. Microsoft yang dahulu terkenal dengan produksi sistem operasi dan microsoft office sekarang mulai beralih fokus ke bisnis Cloud dan Enterprise, didukung oleh perkembangan AI yang mereka miliki.

 

4. Amazon

jeff bezos

e-commerce juggernaut dari Amerika Serikat ini perlahan tapi pasti mulai menguasai pasar global. Di Amerika, market share Amazon di bisnis e-commerce mencapai 45%. di industri server cloud, market share AWS mencapai 40%, jauh mengungguli Microsoft Azure, Google Cloud Platform, IBM, dan lainnya. Saat ini, ekspansi Amazon terlihat dari mulai masuk pasar timur tengah (melalui akuisis Souq, e-commerce platform), Singapore lewat program Amazon Prime, Eropa, dan Jepang. Posisi Amazon sebagai perusahaan terbesar nomor 4 diprediksi akan mampu menyalip Microsoft, Google, bahkan Apple menjadi nomor 1, dan diprediksi menjadi perusahaan pertama yang mempunyai valuasi $ 1 trillion. Hal ini disebabkan growth Amazon yang sangat fantastis, melakukan disruption di berbagai bidang, retail, grocery, cloud, entertainment, supply chain, voice assistant, dan lainnya. Di Tahun 2017, Amazon menghasilkan revenue $177 billion, meningkat drastis dari $136 billion di tahun 2016.

 

5. Facebook

facebook google

Social media juggernaut ini punya 4 platform populer, Facebook, Messenger, Instagram, Whatsapp. Keempatnya sudah menjadi gaya hidup kita. Ada 2 milliar user aktif di FB setiap bulannya, 1.2 milliar user Messenger, 1 milliar user Whatsapp, dan 800 juta user Instagram. Betapa masifnya Facebook yang dinahkodai Mark Zuckerberg menguasai social media. Sumber utama pendapatan Facebook adalah dari advertising, sama seperti Google. Sumber revenue utama masih berasal dari aplikasi utama yaitu Facebook, diikuti Instagram. Plan berikutnya dari Zuck adalah memonetize Whatsapp dan Messenger, sehingga pendapatannya akan semakin meningkat. Juga, Zuck punya rencana menjadikan platform VR (Virtual Reality) menjadi mainstream, setelah ia mengakuisisi Oculus Rift sebesar $2 billion di tahun 2014 lalu. Menarik melihat grand plan dari Zuckerberg ini kedepannya.

Note : Saya menjalankan sebuah startup yang bernama belijelantah, platform teknologi yang menghubungkan pemilik minyak jelantah seperti restoran atau rumah makan dengan perusahaan biodiesel yang akan mengolah minyak jelantah anda menjadi bahan bakar terbarukan biodiesel. Jika anda memiliki minyak jelantah di sekitar jakarta, silahkan hubungi kami, anda dapat berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan perairan, gerakan peduli kesehatan, dan mendapatkan penghasilan tambahan $$$$$. Kunjungi website kami www.belijelantah.com

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: