Kerennya Alexa, Asisten Pribadi Amazon Echo

Anda tahu Siri ? Siri adalah voice assistant yang terdapat pada produk perusahaan Apple seperti iPhone. Siri hanyalah satu dari voice assistant yang sedang hebring saat ini. Saya yakin sebagian besar pengguna iPhone di Indonesia tahu tentang Siri. Selain Siri, ada beberapa voice assistant lain yaitu Alexa (pada smart speaker Amazon Echo keluaran Amazon), Google Assistant (pada smartphone android anda dan Google Home), Cortana (keluaran Microsoft), M (keluaran Facebook), dan Bixby (keluaran Samsung).

Dalam waktu dekat, interaksi yang kita lakukan pada smartphone kita yang awalnya berbasis teks akan bergeser ke arah interaksi berbasis suara, maka dari itu penting perusahaan teknologi yang saya sebut di atas mengembangkan voice assistant miliknya masing-masing.

amazon echo

Pada pembahasan kali ini saya berfokus pada Alexa keluaran Amazon. Mengapa Alexa ? Karena Alexa saat ini merupakan voice assistant yang mempunyai kemampuan paling luas dan baik dibandingkan yang lain. Saat ini, Alexa mempunyai lebih dari 10,000 skill. Berikut adalah beberapa skill yang dimiliki Alexa pada device Amazon Echo / Amazon Echo Dot.

  • memutar musik dari Spotify,
  • memesan pizza dari Domino,
  • pesan mobil dari Uber,
  • membacakan berita hari ini,
  • menyalakan atau mematikan smart lamp dari produk Philips
  • dan kemampuan unik lainnya.

Saya sudah mencoba secara langsung asisten Alexa pada produk Amazon Echo Dot yang saya punya, yaitu kemampuan memutar musik Spotify, membacakan berita, dan berinteraksi (chatting) dengan Alexa. berikut ini salah satu video di youtube yang menunjukkan cara menggunakan Alexa.

Berikut adalah link download aplikasi Amazon Alexa untuk pengguna android : https://drive.google.com/file/d/0B88AxthgS2Sud212aXVMYVZSTWc/view

Di Amerika, produk Amazon Echo ini sedang sangat hits. Berdasarkan data Amazon, Amazon Echo dan Amazon Echo Dot merupakan best selling product pada kategori elektronik pada Amazon Prime Day 11 Juli lalu. Berdasarkan data lembaga riset pula, Amazon menguasai 70% market share untuk voice assistant smart home speaker, mengungguli Google Home (23%), dan kompetitor lainnya. Bagi anda yang menginginkan produk Amazon Echo, anda harus mengimpornya dari Amerika. dan tidak mudah untuk membeli produk ini. Saya sendiri mendapatkan produk Amazon Echo Dot dari marketplace bukalapak, dimana adalah seorang penjual yang baru kembali dari Amerika yang kebetulan menjual produk tersebut.

Jika anda tertarik membeli produk ini, saya mempunyai rekan di USA yang dapat membantu pembelian produk ini. Dengan mulainya Amazon berekspansi ke pasar Asia Tenggara, dimulai dari Singapura, produk Amazon Echo diprediksi juga akan segera beredar di Indonesia.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: