Biggest Companies In The World

Pada artikel kali ini, saya mencoba membahas mengenai infografik perusahaan-perusahaan terbesar di dunia berdasarkan revenue (pendapatan total kotor). Infografik ini diperoleh dari majalah Fortune tahun 2015. Berikut infografiknya.

revenue

Catatan : satuan di atas adalah dalam billion dollar.

 

Berikut adalah beberapa informasi penting yang bisa diambil dari infografik di atas.

walmart-store

Walmart adalah perusahaan terbesar di dunia berdasarkan revenue dengan pendapatan sebesar $482 billion (Rp 6400 trilliun).

Walmart adalah perusahaan retail terbesar di Amerika sekaligus dunia. Dengan jumlah penduduk mencapai 300 juta di Amerika dan sebagian besar masyarakatnya mempunyai daya beli yang tinggi, tidak heran jika Walmart sebagai brick-and-mortar retail terbesar di Amerika mendapatkan revenue yang besar pula.

 

shell_bp_ve_total_in_kari_dustu_h114222_5ba38

Banyak sekali perusahaan minyak dan gas yang masuk list perusahaan terbesar di dunia, mulai dari perusahaan multinasional seperti Shell, Total, Chevron, Exxon, BP sampai perusahaan minyak dan gas negara seperti CNPC dan Saudi Aramco

Namun, perusahaan minyak dan gas ini mengalami decline dari segi revenue dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, utamanya disebabkan 2 hal, yang pertama adalah boomingnya Shale Gas di Amerika yang membuat supply energi fosil melimpah sehingga harga minyak dunia turun ke kisaran $35-50/barel. Yang kedua adalah karena semakin maraknya penggunaan renewable energy utamanya energi matahari dan energi angin.

 

Samsung Hyundai LG SK

Ada 3 perusahaan Korea Selatan yang masuk list : Samsung, Hyundai, SK

Ketiga perusahaan ini sering disebut sebagai konglomerat di Korea Selatan yang sangat mempengaruhi perekonomian negara tersebut. Sebagai ilustrasi betapa kuatnya perusahaan ini, Samsung mempunyai revenue setara dengan 16% GDP Korea Selatan secara keseluruhan. Samsung adalah perusahaan multinational yang memproduksi smartphone, peralatan elektronik rumah, chip, semikonduktor, dan lainnya. Hyundai adalah perusahaan otomotif yang memproduksi mobil Hyundai dan KIA. SK adalah perusahaan energi asal Korea Selatan.

 

Screen Shot 2017-04-11 at 9.47.18 AM

Di antara perusahaan terbesar tersebut, Apple adalah perusahaan paling profitable di dunia.

Keuntungan (profit) Apple di tahun 2015 mencapai $53.4 billion (Rp 710 Triliun). 2/3 pendapatan Apple dihasilkan dari penjualan iPhone, sisanya adalah penjualan iPod, Apple Watch, Mac, dan service seperti AppStore dan Apple Music. Selain itu, Apple juga merupakan perusahaan yang mempunyai jumlah cash paling banyak di dunia, hingga akhir Juli 2017 ini Apple memiliki cash stockpile mencapai $250 billion yang sebagian besar terdapat di Irlandia (karena alasan tax haven). Uang ini cukup digunakan untuk membeli Walmart dari segi market value yang dimiliki, atau setara dengan posisi ke 11 GDP seluruh negara di dunia.

 

amazon_logo_RGB

Amazon sebagai e-commerce behemoth mempunyai tingkat growth yang paling tinggi dibandingkan perusahaan besar lainnya.

Di tahun 2014, revenue amazon masih berada di nilai $89 billion. Tahun 2015, $ 107 billion. Tahun 2016, $ 136 billion. Bayangkan bahwa dalam jangka waktu 1 tahun Amazon bisa menambah pendapatannya di kisaran $ 18 – 29 billion  (Rp 240 – 380 trilliun).

Amazon mulai mengganggu Walmart sebagai raja retail Amerika dan dunia. Disruption yang dihasilkan Amazon sukses membuat revenue Walmart stagnan bahkan cenderung turun beberapa tahun belakangan ini. Saat ini disruption yang dihasilkan amazon tidak hanya dibidang retail saja, namun juga di bidang fashion, web service, cloud, food grocery, search, entertainment, music streaming, dan lainnya. Menarik melihat revenue yang dihasilkan Amazon di tahun 2017 ini.

 

otomotif

Ada banyak perusahaan manufakturing mobil yang masuk dalam list, mulai dari perusahaan Jepang seperti Toyota dan Honda, perusahaan Jerman seperti Volkswagen dan Daimler, perusahaan Amerika seperti GM dan Ford.

Toyota dan Volkswagen bersaing cukup ketat dari segi revenue maupun volume penjualan. Kisaran mobil yang terjual oleh kedua perusahaan tersebut di tahun 2016 mencapai 10 juta mobil. Namun, untuk tahun ke depan penjualan perusahaan manufaktur mobil akan berkurang. Hal ini disebabkan oleh 3 hal, 1) disruption dari mobility service seperti Uber, Lyft, Grab, Didi yang tentu mengurangi jumlah ownership terhadap kendaraan; 2) disruption dari electric car yang dihasilkan Tesla, yang coba disaingi oleh Chevy Bolt GM dan mobil elektrik lain; dan 3) disruption technology self-driving car yang marak dikembangkan pula oleh Google (Waymo), Uber, Nutonomy, dan lainnya.

 

foxconn

Foxconn adalah perusahaan Taiwan yang mungkin belum pernah anda dengar, namun masuk dalam list. Foxconn adalah perusahaan kontraktor manufaktur iPhone dan smartphone lain. mereka (Foxconn dan Apple) adalah bestfriend dalam industri smartphone. Foxconn bertugas meng-assembly handphone iPhone anda di negara seperti Cina, Thailand, etc.

Masih banyak informasi yang sebenarnya bisa dibahas dari infografik di atas namun saya membatasi hanya beberapa yang menurut saya cukup menarik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: