Perjalanan Ke Korea Selatan : Day 1

Annyeong haseo ! Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya pergi ke Korea Selatan pada akhir tahun 2014 lalu sebagai Youth Ambassador untuk program Jakarta Sister City. Bagi yang tertarik untuk ikut program JSC, bisa bertanya kepada saya juga untuk beberapa informasinya.

—–

Kontingen JSC Seoul yang berjumlah 14 orang sampai di bandara Incheon pada Selasa, 19 November 2014 pukul 08.30 waktu Korea setelah terbang dari Jakarta malam sebelumnya jam 23.45. Sesampainya disana, kontingen disambut oleh tim Global Activist yang dipimpin oleh Kim Seunghyun. Selain Kim, juga terdapat anggota lain yaitu Geum-Young, Moon-Young, Jae-Jong, Chae-Hyeon. Tim Global Activist sudah sangat berpengalaman menerima kelompok pemuda dari luar negeri yang akan datang ke Korea untuk melakukan kegiatan kepemudaan. Sampai saat ini, kami semua masih aktif kontak pribadi dengan Kim-hyung, Geum-noona, Moon, dan lainnya lewat KakaoTalk maupun Line, karena selama program kami menjalin kedekatan yang sangat akrab dan membuat pengalaman yang tak terlupakan 🙂 Setelah berkenalan, kontingen bersama tim Global Activist pergi ke kota tujuan Sister City yaitu Seoul menggunakan bus dan sampai pada pukul 11.00.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Acara pertama dibuka dengan pengenalan program oleh Kim. Acara dilaksanakan di Pusat Enterpreneurship Ganbuk. Penjelasan mendetail mengenai program home stay yang akan diadakan di hari keempat sampai kelima juga diberikan, yaitu setiap rumah warga dengan berbagai latar belakang akan ditinggali oleh dua anggota kontingen. Selain itu juga diberikan penjelasan mendetail mengenai presentasi yang akan dilakukan sebanyak dua kali oleh kontingen, dimana setiap presentasi kontingen akan menjelaskan kondisi Jakarta secara singkat dari berbagai aspek, yaitu enterpreneurship, art & culture, dan environment. Setelah itu akan diadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan peserta diskusi lain dari Seoul sehingga diperoleh informasi dan solusi inovatif terhadap permasalahan yang ada. Berikutnya, kontingen pergi ke Hotel 7 Street untuk beristirahat sejenak dan melanjutkan ke acara terakhir.

1560406_867039493317072_1190547971803115829_n

Acara terakhir hari ini adalah kunjungan ke Cheongwadae Sarangchae (Blue House). Cheongwadae Sarangchae adalah tempat yang didalamnya terdapat sejarah mengenai pemerintahan pusat Korea Selatan dan keunikan yang dimiliki. Eksplorasi dilakukan selama satu jam. Tempat ini memiliki dua lantai. Di lantai pertama, terdapat Exhibition Hall yang menampilkan cenderamata khas berbagai daerah di Korea seperti Seoul, Daejeon, dan Busan, juga menampilkan boneka-boneka khas Korea seperti Pororo. Di lantai kedua, terdapat banyak unit-unit interaktif yang mengajak pengunjung untuk memainkan unit yang ada sekaligus mendapat pengetahuan baru mengenai pemerintahan pusat Korea, utamanya Presiden Korea dan sistem pengamanan Presiden.

20141119_170140Sekian dulu sharing pengalaman ke Korea Selatan untuk hari pertama. Besok saya akan upload pengalaman di hari kedua. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: